Segera Terbit

Penulis:

Neng Ayu Rosita, S.SiT., M.Kes. – Tati Ruhmawati, M.Kes. – Elisa Ulfiana, M.Kes. – Dewi Andang Prastika, M.Kes. – Anisa Taqwa Syifa Haerudin, S.Tr.Kes.

Ukuran Buku: 15,5 x 23 cm

Jumlah Halaman: x +76

Tahun Terbit: Mei 2024

ISBN: 978-623-8029-xx-x 

Stunting atau terhambatnya pertumbuhan tubuh merupakan salah satu bentuk kekurangan gizi yang ditandai dengan tinggi badan menurut usia di bawah standar deviasi (<-2 SD). Dalam hal ini, anak dengan stunting memiliki IQ 5-10 poin lebih rendah dibanding dengan anak yang normal. Sehingga dapat berpengaruh pada jangka panjang yaitu anak cenderung akan sulit mencapai potensi pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.
Penurunan prevalensi stunting di Indonesia pada tahun 2018 merupakan dampak dari komitmen pemerintah dalam meluncurkan “Gerakan 1000 Hari Pertama Kehidupan” yang telah dinyatakan melalui Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 42 Tahun 2013 tentang Gerakan Nasional Percepatan Perbaikan Gizi. Masa 1000 hari pertama kehidupan bermula sejak saat anak dalam kandungan hingga berusia 2 tahun, yang merupakan masa paling krusial untuk menentukan pertumbuhan dan perkembangan anak ke depannya. Oleh karena itu, pada periode ini pemenuhan asupan gizi dibutuhkan ibu hamil sejak trimester pertama sebagai pondasi untuk memberikan masa depan yang baik bagi ibu dan anak.
Melalui buku ini, akan dipaparkan gambaran pengetahuan dan sikap kader remaja tentang stunting. Buku ini berasal dari riset pengetahuan tentang stunting dan akan dikembangkan media yang sesuai untuk dapat meningkatkan pengetahuan remaja tentang stunting dengan harapan besar buku ini dapat memberikan informasi penting dan dapat digunakan sebagai upaya memberikan pengetahuan kepada khalayak masyarakat untuk ikut bersama dalam rangka menurunkan angka kejadian stunting.